AS Persiapkan Kunjungan ke China, Bahas Kestabilan Hubungan

wavinghands.org

harianfakta.com – Delegasi tingkat tinggi AS akan melakukan perjalanan ke China minggu depan untuk menindaklanjuti pembicaraan Presiden Joe Biden baru-baru ini dengan Presiden China Xi Jinping.

AS mempersiapkan kunjungan Menteri Luar Negeri Antony Blinken ke sana awal tahun depan.

Departemen Luar Negeri mengonfirmasi pada Reuters Sabtu (10/12/2022).

Pengumuman AS mengikuti komentar seorang pejabat senior Gedung Putih bahwa China menginginkan hubungan yang stabil dengan Amerika Serikat dalam jangka pendek.

China sendiri menghadapi tantangan ekonomi domestik dan penolakan di Asia terhadap diplomasi tegasnya.

Asisten Menteri Luar Negeri AS untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Daniel Kritenbrink dan Direktur Senior Dewan Keamanan Nasional untuk China dan Taiwan Laura Rosenberger akan melakukan perjalanan ke China, Korea Selatan dan Jepang dari 11-14 Desember, kata Departemen Luar Negeri.

Presiden AS Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping terlibat dalam pembicaraan blak-blakan mengenai Taiwan dan Korea Utara di sela-sela KTT G20 di Indonesia pada pertengahan November lalu.

Itu jadi sebuah pertemuan yang bertujuan untuk mencegah hubungan AS-China yang tegang meluas ke Perang Dingin baru.

Kedua pemimpin berjanji untuk lebih sering berkomunikasi pada saat perbedaan yang membara juga mengenai hak asasi manusia, invasi Rusia ke Ukraina dan masalah ekonomi.

Departemen Luar Negeri mengatakan delegasi akan menindaklanjuti pertemuan untuk terus mengelola persaingan antara kedua negara secara bertanggung jawab dan untuk menjajaki bidang kerja sama potensial dan juga akan meletakkan dasar untuk kunjungan Blinken.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *