Berita  

Bercita-citalah Menjadi Enterpreneur

wavinghands.org

harianfakta.com – Enterpreneur / Wirausaha adalah sebuah pekerjaan yang jarang di idamkan, pada umumnya jika mahasiswa ditanya setelah lulus akan menjadi apa ? jawabannya adalah mencari pekerjaan kantoran atau sebagian bercita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Harusnya hal seperti itu bagi orang tua bisa di antisipasi mengingat lapangan pekerjaan di dunia formal / kantoran tidak selamanya mudah di dapat, cara mengantisipasinya bagaimana ? misalkan semenjak bangku SMA bagi orang tuanya yang berwirausaha di kenalkan untuk berwirausaha seperti orang tuanya dan bagi seorang anak walaupun bukan keturunan seorang pengusaha namun mau jadi seorang wirausaha peluang sangat terbuka lebar, dimasa sekarang banyak fasilitas online sebagai sarana untuk belajar dan mengembangkan diri sebagai enterpreneur atau wirausaha.

Padahal sejauh yang saya pernah dengar nabi pernah bersabda dalam sebuah hadis nabi bahwa 9 dari 10 pintu rejeki dengan cara berdagang dan 1 nya berarti menjadi pegawai, artinya jika ingin mendapatkan pendapatan yang besar kita disuruh berdagang atau berniaga atau menjadi enterpreneur. Mohon maaf tidak bermaksud menyinggung atau mengecilkan anda yang menjadi pegawai namun di saat lapangan pekerjaan yang sulit yang penulis maksud adalah ciptakanlah peluang usaha bukan berfikir setelah lulus akan bekerja dimana.

Ada yang mengatakan jiwa enterpreneur itu adalah turunan dari orang tua apakah betul ? menurut saya tidak sepenuhnya betul juga walau sebenarnya saya sendiri sebagai enterpreneur ibu saya dulu suka berjualan dari mulai berjualan kebaya, kecap, krupuk, tempe dan jualan apa saja di jalaninya sedangkan bapak saya seorang petani. Orang sekarang melihat saya sebagai anaknya di anggap “sukses” untuk ukuran orang kampung saya dengan berjualan Sticker Kaca, Kaca Film Gedung, Gorden Rumah dan ada beberapa bisnis kecil lainnya.

Apakah itu turunan, bisa jadi jawabannya IYA turunan dan bisa jadi TIDAK, bahkan ada teman saya yang turunan pedagang bahkan justru tidak suka berdagang dan memilih hidup sebagai pegawai. Sebenarnya tidak juga sih menjadi wirausaha itu turunan walau tidak bisa di tampik kalau orang tuanya pengusaha anak juga bisa mendapatkan semacam “privilege” atau hak istimewa untuk mendapatkan modal.

Saya sekarang hanya berkeyakinan bahwa enterpreneur adalah sesuatu hal yang sangat amat bisa di pelajari dari sarana online seperti googling maupun youtube, jadi secara tidak langsung belajar menjadi wirausaha secara instan menjadi lebih cepat tidak seperti orang dahulu yang tidak di tunjang dengan fasilitas internet.

Maka dari itu saya menghimbau buat pelajar SMA dan Mahasiswa bersiap-siapkan menjadi seorang enterpreneur dan menurut saya untuk menjadi Enterpreneur hendaknya di Cita-Citakan, jadi suatu saat anak kecil jika di tanya cita-citamu akan menjadi apa jika sudah besar ? bukan lagi menjawab jadi Presiden, Dokter atau belakangan ingin menjadi Youtuber tetapi menjadi seorang pengusaha atau Enterpreneur…. wah Kereeeen….. !!!

Penulis Ahmad Janan, SE

Bisnis Owner Kaca Film Gedung & Gorden Rumah

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *