Blog  

Rumah Hancur Akibat Jaringan Wifi Tersmbar Petir

wavinghands.org

Jaringan Wifi

Kejadian ini menunjukkan dampak yang dapat terjadi saat cuaca buruk serta dengan petir yang kuat. Pada saat kejadian seperti itu, tidak jarang terjadi kerusakan peralatan elektronik dan Jaringan Wifi  akibat sambaran petir secara langsung atau melalui saluran listrik rumah.

Dalam beberapa kasus, peralatan yang terpengaruh mungkin rusak secara permanen atau memerlukan perbaikan yang mahal. Jika rumah Anda tersambar petir atau badai petir, penting untuk menjaga keamanan Anda dan keluarga. Jika Jaringan Wifi  atau peralatan elektronik rusak, sebaiknya matikan listrik serta minta bantuan ahli atau teknisi untuk memeriksa.

Kejadian Jaringan Wifi Membuat Rumah Hancur

Diduga petir menyambar Jaringan Wifi yang terpasang di rumah tersebut. Rumah itu hancur. Ubin jatuh ke lantai dan jendela pecah. Video singkat ini memperlihatkan kondisi rumah dari depan. Bagian depan rumah terlihat kotor. Jendela-jendela di rumah juga pecah serta berserakan di sekitar rumah.

Sekilas Tentang Jaringan Wifi Tersambar Petir

Sebuah rumah di Dusun Kalimalang, Desa Mayangan, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember, Jawa Timur, ludes. Rumah hancur disambar petir, atap rumah roboh serta dinding rumah retak. Hampir semua ubin di ruang tamu, ruang keluarga serta dua kamar tidur telah hancur dan berjatuhan. Hanya ubin ruang makan yang masih utuh.

Selain atap yang roboh, modem box serta kabel wifi ikut terbakar. Menurut akun VCR, petir yang menyambar wifi rumah warga Jember terjadi pada malam hari. Orang yang merekam ini berharap untuk segera menghapus wifi rumah.

Melihat video tersebut, netizen pun memberikan banyak tanggapan. Mereka masih belum tahu persis apa yang menyebabkan petir merobohkan rumah tersebut dan membuat Jaringan Wifi itu tersambar oleh petir.

Apakah Bisa Jaringan Wifi Tersambar Petir

Jaringan Wifi tidak bisa langsung disambar petir. Sinyal Wi-Fi adalah sinyal radio yang tidak memiliki sifat fisik atau koneksi langsung ke petir. Namun, meskipun sinyal Wi-Fi itu sendiri tidak dapat disambar petir, peralatan Jaringan Wifi seperti router atau modem dapat rusak jika sambaran petir melewati saluran listrik atau kabel yang terhubung ke perangkat tersebut.

Petir yang menyambar atau mendekati saluran listrik luar atau saluran listrik yang terhubung ke rumah dapat menyebabkan lonjakan tegangan yang berbahaya. Jika lonjakan ini mencapai peralatan Jaringan Wifi, seperti router atau modem, bisa rusak.

Kerusakan ini bisa bersifat sementara atau bahkan permanen tergantung dari intensitas dan arus petir yang melewati alat tersebut. Untuk melindungi peralatan sinyal wifi Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh petir, Anda disarankan untuk menggunakan perangkat pelindung lonjakan yang dapat membawa lonjakan serta melindungi peralatan dari kerusakan.

Selain itu, penting juga untuk memutuskan peralatan dari sinyal Wifi saat cuaca buruk dengan petir untuk mengurangi risiko kerusakan. Jika peralatan Jaringan Wifi Anda rusak akibat petir, sebaiknya perangkat tersebut diperiksakan ke teknisi atau ahlinya untuk diperbaiki atau diganti bila perlu.

Apa yang Membuat Jaringan Wifi Tersambar Petir

Jaringan Wifi bukanlah target atau objek langsung dari sambaran petir. Namun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan peralatan dalam sinyal wifi tersambar petir atau rusak akibat sambaran petir, seperti:

  1. Saluran Listrik

Petir atau kedekatan dengan saluran listrik luar atau saluran listrik yang terhubung ke rumah Anda dapat menyebabkan lonjakan tegangan yang berbahaya. Jika lonjakan ini mencapai peralatan di sinyal wifi melalui kabel daya yang tersambung, hal itu dapat merusak peralatan.

  1. Kabel Jaringan

Jika kabel jaringan yang menghubungkan perute atau perangkat WiFi Anda ke perangkat lain, seperti komputer atau printer, tersambar petir, hal itu dapat mengirimkan lonjakan tegangan ke peralatan dan menyebabkan kerusakan.

  1. Gangguan Saluran Listrik

Kabel listrik yang menyambar petir dapat menyebabkan lonjakan tegangan yang dapat merambat melalui sistem kelistrikan rumah. Jika peralatan jaringan WiFi terhubung langsung ke saluran listrik rumah, lonjakan tersebut dapat merusak peralatan tersebut.

  1. Sistem Pasokan Listrik yang Tidak Benar

Sistem pentanahan yang tidak memadai atau berkualitas buruk di rumah atau bangunan dapat meningkatkan risiko kerusakan properti akibat petir. Pentanahan yang tepat dapat membantu mengirimkan energi petir dengan aman ke tanah, mengurangi risiko kerusakan peralatan sinyal wifi.

Penting untuk diingat bahwa meskipun tindakan perlindungan seperti penggunaan perangkat pelindung lonjakan arus dan pentanahan yang tepat dapat membantu melindungi peralatan jaringan Wi-Fi dari kerusakan akibat petir , tindakan tersebut tidak menawarkan perlindungan mutlak.

Jika terjadi cuaca buruk dengan petir yang kuat, disarankan untuk mematikan peralatan dari jaringan WiFi dan mencabutnya dari sumber listrik sebagai tindakan pencegahan tambahan untuk Anda laukan.

Beberapa Tips Agar Jaringan Wifi Tidak Tersambar Petir

Jika Anda memliki wifi di rumah dan cuaca yang ada di luar sedang buruk, makan ada beberapa tips yang harus Anda lakukan agar hal yna tidak di inginkan tidak terjadi. Berikut ini adalah beberapa tips agar Jaringan Wifi tidak tersambar petir.

  • Gunakan Pelindung Lonjakan

Pasang pelindung lonjakan yang dirancang khusus untuk jaringan komputer, termasuk router WiFi Anda. Perangkat ini akan menyerap lonjakan yang dihasilkan oleh petir dan melindungi peralatan jaringan dari kerusakan.

  • Pastikan Pentanahan yang Baik

Memiliki sistem pentanahan yang baik sangat penting untuk melindungi peralatan dari kerusakan akibat petir. Pastikan sistem kelistrikan rumah Anda terhubung ke ground dengan benar dan dilengkapi dengan sistem manajemen petir yang sesuai.

  • Cabut Perangkat dari Sumber Listrik dalam Cuaca Buruk

Jika terjadi petir yang kuat atau cuaca buruk, sebaiknya cabut peralatan jaringan WiFi Anda dari sumber listrik. Ini akan mengurangi risiko kerusakan akibat lonjakan yang disebabkan oleh kabel listrik yang menyambar petir.

Pastikan kabel jaringan yang menyambungkan perangkat jaringan WiFi Anda ke perangkat lain juga terlindungi. Anda dapat menggunakan perangkat pelindung lonjakan arus khusus untuk kabel jaringan atau memastikannya jauh dari tempat petir dapat menyambarnya.

  • Pasang Penangkal Petir Profesional

Jika Anda tinggal di daerah yang rawan sambaran petir, pertimbangkan untuk memasang penangkal petir profesional untuk lebih melindungi semua instalasi listrik dan perangkat jaringan di rumah Anda.

Lakukan perawatan rutin pada peralatan jaringan WiFi Anda. Pastikan perangkat berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan atau kegagalan yang terlihat. Dalam kondisi yang tepat, peralatan dapat lebih tahan terhadap lonjakan voltase yang tidak terduga.

Ingatlah selalu bahwa tidak ada metode yang dapat memberikan proteksi petir mutlak. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengurangi risiko kerusakan akibat petir pada jaringan WiFi Anda dan melindungi peralatan Anda.

Penutup

Jika Anda memiliki wifi di rumah Anda dan cuaca sedang buruk, ada beberapa tips yang harus Anda lakukan agar Jaringan Wifi  Anda aman dan tidak tersambar petir. Jika Anda ingin tahu tips tersebut, Anda bisa simak penjelasan di atas.

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *