Blog  

Sepekan Saham GOTO Anjlok ke Level ARB, Ada Apa? – Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta – Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) kembali memberatkan pergerakan IHSG dengan penurunan hingga auto rejection bawah (ARB) pada perdagangan Jumat, 2 Desember 2022. ARB ini menjadi yang kelima kalinya secara beruntun, sepekan penuh hari perdagangan GOTO mencatatkan ARB. 
Berdasarkan pantauan di RTI Business, saham GOTO dibuka anjlok 6,38 persen atau 9 poin ke harga 132 menyisakan banyak investor ritel menyangkut di sahamnya. Investor memiliki kekhawatiran menyoal lock-up investasi para pemegang saham GOTO pra IPO yang dibuka sejak kemarin. 
Padahal, berdasarkan keterangan GOTO, para investor tersebut menarik diri dari rencana keluar dari saham GOTO dalam waktu dekat. Hingga pukul 09.20 WIB, kapitalisasi pasar GOTO juga anjlok menjadi hanya Rp156,34 triliun.
Adapun, volume perdagangan sahamnya tercatat mulai menciut dengan perdagangan 68,33 juta lembar saham. Jika dikonversi ke rupiah nilai perdagangan saham GOTO mencapai Rp9,17 miliar dengan frekuensi perdagangan sudah melampaui 3.348 kali.
ARB ini menjadi ARB kelima pada pekan ini sejak dimulainya perdagangan di awal pekan Senin, 28 November 2022 lalu. Sejak Senin, berturut-turut saham GOTO ARB 6,49 persen; 6,36 persen; 6,79 persen; 6,62 persen; dan 6,38 persen.
Padahal, GOTO juga melaporkan hasil penawaran sekunder atau secondary offering terkoordinasi atas saham GOTO yang dimiliki investor saham pra-IPO tidak dilanjutkan jelang berakhirnya lock up pada 30 November 2022. 
Corporate Secretary GOTO RA Koesoemohadiani mengatakan pemegang saham pra-IPO yang mempertimbangkan rencana transaksi tersebut, memutuskan tidak melanjutkan rencana secondary offering.
“Pemegang saham pra-IPO yang mempertimbangkan rencana transaksi tersebut, saat ini telah memutuskan untuk tidak melanjutkan rencana penawaran sekunder terkoordinasi,” kata Koesoemohadiani dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu, 30 November 2022.
Baca Juga: Kaesang Pangarep Beberkan Alasan Tak Tertarik Beli Saham Teknologi: Capek, Boncos Banyak
Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.
Direktur Celios menentang rencana pemerintah membuat Lahan Khusus Pusat Kegiatan Keuangan atau financial center di IKN Nusantara. Kenapa?
Indeks harga saham gabungan atau IHSG berhasil menguat di akhir sesi pertama hari ini, Rabu, 21 Desember 2022 di level 6,787,5.
Buat yang punya resolusi tahun baru untuk 2023, simak tips berikut agar tercapai dan keuangan tidak terganggu.
Tim Riset PT Samuel Sekuritas Indonesia mencatat minat beli kembali terlihat ketika IHSG berada di kisaran 6.740-6.680.
IHSG hari ini bertengger di posisi 6.729 atau melemah 0,74 persen dari penutupan hari sebelumnya.
Tim Riset PT Samuel Sekuritas Indonesia, IHSG dalam pola konsolidasi seperti saat ini, harga cenderung fluktuatif. Indeks bisa menguat tipis.
Berita terkini bisnis pada petang ini dimulai dari laporan Menteri Perdagangan ke Presiden Jokowi di antaranya soal kenaikan harga telur ayam.
IHSG hingga akhir sesi kedua perdagangan hari ini, Senin, 19 Desember 2022, tertahan di zona merah.
IHSG ditutup di level 6.786,0 atau melemah 0,36 persen di sesi pertama perdagangan.
IHSG pekan ini dengan pergerakan negatif.

source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *